Posted by : wota blog Selasa, 22 September 2015

JKT48 jadi brand ambassador Honda BeAT (Foto: Anton/Okezone)

 Astra Honda Motor (AHM) memanfaatkan ketenaran artis untuk mengangkatimage produk sepeda motornya. Hampir semua model sepeda motor Honda memilikibrand ambassador, seperti BeAT yang diwakili JKT48, Vario oleh Daniel Mananta dan Agnes Monica, CB150R Streetfire oleh Chicco Jerikho, Sonic 150R bersama Al Ghazali. Lantas, seberapa besar pengaruh para artis tersebut dalam mengangkat penjualan produk Honda?
 
"Pengaruh brand ambassador tidak bisa langsung ke penjualan. Kalau di dalam marketingitu ada empat faktor, salah satunya yang menentukan adalah produk. Enggak bisa satu produk itu laku hanya karena satu hal. Jadi, itu secara konsep secara keseluruhan," jelas Margono Tanuwijaya, direktur marketing AHM.
 
Lebih jauh ia menjelaskan, empat faktor itu adalah product, promotion, price, dan place. "Mulai dari produk sendiri harus bagus, sesuai keinginan konsumen. Kemudian yang keduapromotionNah brand ambassador ini adalah bagian dari promosi di samping iklan. Ketigaprice, harus diketahui 70 persen itu membeli secara kredit, jadi seperti apa skema kreditnya itu juga penting. Keempat, aktivitas di lapangan. Empat hal itu menjadi satu, menentukan satu produk itu berhasil atau tidak. Jadi, tidak bisa mengandalkan dari brand ambassador saja,” paparnya.
 
Terkait pemilihan figur untuk brand ambassador, lanjut dia, AHM menyesuaikan dengan karakter sepeda motor. Kalau BeAT yang sporty dan eSP sekarang JKT48, dulu Cherrybelle karena banyak customer-nya teenager. Sedangkan Vario memilih Agnes karena major, pas di segmennya. Sport kami juga sesuaikan, Sonic bersama Al karena ini motor sport tapi segmennya anak-anak. Motor balap kami pakai Marquez," tambah dia.
 
Ia menambahkan, tidak ada ukuran pasti bahwa naik atau turunnya penjualan sebuah produk motor ditentukan oleh brand ambassador.
 
"Kalau dibandingkan tahun lalu penjualan motor tahun ini turun. Tapi, turunnya apakah karena kami ganti brand ambassador, tidak. Karena semua produk juga turun, karena situasi pasarnya juga turun. Brand ambassador ini lebih ke awareness-nya. BeAT itu rasa denganawareness-nya pas,” pungkas dia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 WOTA BLOG - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -